Breaking News

Memperkuat Copilot dengan Cara Yang Mudah

Berbicara solusi chatbot pada kalangan pengguna akhir maka kita diperkenalkan dengan Power Virtual Agents. Sebuah solusi membuat chatbot tanpa menggunakan bahasa pemrograman. Berbeda dengan pendekatan bot framework yang membutuhkan pemahaman bahasa pemrograman seperti C# atau Python, Power Virtual Agents mengubah paradigma kita bahwa pengembangan chatbot dapat dilakukan dengan lebih mudah bagi pengguna akhir. Akhir-akhir ini dengan maraknya kemampuan chatbot yang semakin cerdas atau yang kita kenal dengan Copilot maka kebutuhan chatbot menjadi memenuhi berbagai skenario yang lebih kompleks. 

Pada skenario yang lebih kompleks yang tidak mungkin difasilitasi Power Virtual Agents seperti kemampuan memproses informasi kompleks seperti membangkitkan gambar dan kreativitas membuat lagu, maka pengguna dapat menggunakan Copilot Studio di copilotstudio.microsoft.com 


Copilot studio adalah sebuah perangkat pengembangan yang dapat membantu kita meningkatkan kemampuan Copilot yang ada di Windows dan Office untuk skenario organisasi. Microsoft sendiri sudah menyiapkan 12 skenario umum yang dapat digunakan oleh Copilot mulai dari sekedar menanyakan cuaca untuk perjalanan hingga memperoleh informasi pemeriksaan kesehatan mandiri bagi karyawan. Semua teknologi Generatif AI yang terdapat di ChatGPT, Copilot, dan GPT model terbungkus rapi dalam Copilot studio.


Pengguna dapat memulai pengembangan dengan memilih template yang sesuai, kemudian memilih beberapa opsi dan mengisi informasi lebih lanjut seperti nama, bahasa, dan pengetahuan yang akan ditambahkan. 


Pengetahuan adalah hal penting dan menjadi sesuatu yang sangat mudah ditambahkan. Dalam hal ini pengetahuan dapat ditambahkan dari berbagai sumber dari web, SharePoint, OneDrive, hingga basis Data atau SAP. Copilot studio memperlakukan pengetahuan tambahnya seperti konektor dalam Power Platform. 


Pembuatan Copilot versi kita sendiri semudah 1-2-3, tetapi dalam kenyataannya proses tersebut tentu lebih rumit dan membutuhkan perhatian pada saat kita hendak memublikasikannya kepada organisasi. Berlaku sama dengan Power Virtual Agents. Copilot Studio didesain untuk melayani pengguna di dalam organisasi, sehingga proses bisnisnya untuk digunakan dalam organisasi. 



Setelah menyiapkannya Copilot Studio membantu kita untuk menguji, menyempurnakan, menganalisis, dan memublikasikan ke saluran yang ada. Terdapat tiga hal yang perlu dilakukan untuk menyempurnakan seperti: 

  • Menambah pengetahuan 
  • Menambah topik pembicaraan yang khusus yang membutuhkan respons spesifik. 
  • Menambahkan tindakan seperti melakukan aksi pada berkas Excel, mengirim email notifikasi, dan masih banyak lagi
Setelah sudah siap Copilot Studio dapat membantu memublikasikannya ke Teams, atau bahkan web yang lain 


Demikian paparan singkat Copilot Studio semoga rekan-rekann memiliki gambaran skenario dan apa yang bisa dilakukannya. Jika ada pertanyaan jangan ragu berdiskusi pada kolom komentar. Terima kasih


    

Tidak ada komentar