Breaking News

Memilih Laptop yang tepat bagi pekerja Startup

Laptop adalah salah satu gadget yang dipakai dan pasti dimiliki oleh setiap pekerja startup. Bentuknya yang ringkas bisa dibawa, kemampuannya yang lengkap, hingga memudahkan kita berkomunikasi menjadi alasan mengapa dia menjadi gadget wajib bagi setiap pekerja startup. Pada kali ini kita akan membahas bagaimana memilih Laptop yang tepat dengan biaya yang terjangkau.

#1 Pilih Merek yang diminati

Setiap brand punya keunggulan masing-masing ada yang memiliki keyboard lembut, ada yang memiliki inovasi terbaik, ada bahan terbaik, hingga fitur unik terbaik. Yakinkan Anda memiliki preferensi merek yang diminati. Kami sarankan pilihlah setidaknya dua merek yang bisa dipilih dengan purna jual terjamin kedepannya. 


#2 Pilih Form Factor

Pada tahap ini pilihlah bentuk dan ukuran yang sesuai dengan gaya hidup bekerja Anda. 
  • Laptop Gaming / Grafis. Jika Anda lebih sering di ruangan membutuhkan kinerja laptop maksimal dan jarang bepergian maka laptop grafis atau laptop gaming bisa diminati. Laptop ini relatif bersuara, tebal, tetapi memberikan kinerja paling maksimal. Laptop ini biasanya berukuran 15 - 17 inch 
  • Jika Anda pekerja yang bekerja dengan data besar dan sesekali rapat dengan klien, maka Ultrabook adalah pilihan yang tepat. Laptop yang ringan tetapi memiliki tenaga yang memadai dan cocok untuk berbagai kegiatan umum startup mulai dari coding web hingga olah data. Laptop ini pada umumnya berukuran 13-15 inch
  • Jika Anda pekerja dengan mobilitas tinggi dan seringkali rapat maka jenis 2 in 1 atau 360 laptop bisa jadi pilihan. Laptop ini jatuh lebih mahal tetapi sangat bermanfaat pada saat berjumpa dengan klien dan melakukan pencatatan kebutuhan klien secara cepat. Laptop ini biasanya berukuran 10-13 inch.

#3 Pilih Performa berdasar kebutuhan Anda

Seyogyanya semakin cepat, semakin besar, maka semakin baik. Tetapi pada dasarnya semua kembali kebutuhan Anda saat ini dan masa depan. Mari kita bahas.
  • General computing. Jika laptop hanya digunakan mengetik maka saat ini (2019). Laptop dengan memeri 4 GB, dengan processor dual code atau i3 berkisar 1.5-2.0 Ghz sudah cukup. Anda tentu merasakan kelambatannya dan dapat mengurangi kelambatannya dengan mengganti piranti hard disk dengan SSD.
  • Superior mobility. Jika laptop digunakan untuk banyak meeting maka varian processor dengan kode 3 dan kode 5 baik itu Intel dan Amd bisa jadi pilihan. Saya pribadi merekomendasikan i5 atau Ryzen 5 untuk keseimbangan performa dan baterai.
  • Speed and Shiny. Jika uang tidak masalah maka konfigurasi emas bisa menjadi pilihan i7 atau Ryzen 7 generasi terkini, Ram setidaknya 16 GB, dan SSD setidaknya 512 - 1 TB. Performa akan lebih tinggi dan membuat percaya diri pada saat mobilitas kemanapun.

#4 Jika Dana Terbatas

Lalu bagaimana jika dana terbatas ini adalah tips yang bisa diikuti. Caranya prioritaskan yang nomor 1 sebelum menuju nomor 2, dan seterusnya. 
  1. Pilih processor generasi terkini, jika Anda memilih, pilihlah processor dengan generasi terkini jika dirasa Intel terlalu mahal maka pilihlah AMD yang terpenting generasi terakhir.
  2. Jumlah RAM yang memadai, pilih RAM dengan ukuran 4 - 8 GB lebih besar lebih baik yakinkan juga minimal DDR 3
  3. Hard disk cepat kapasitas memadai. Jika bukan pelaku video editing maka SSD dengan ukuran 256 atau 512 akan memadai. Jika penyuka video editing maka carilah yang berbau hybrid yakni 128 GB SSD dan 1 TB HDD. Kombinasi terakhir adalah memilih 1 TB HDD. Interface SSD akan membantu Anda lebih singkat menunggu.
  4. Kartu grafis. Bagian ini sebenarnya mengikuti model yang dipilih. Jika Anda membutuhkan 3D modelling atau desain maka carilah kartu grafis terdedikasi. 
  5. Layar sentuh atau resolusi besar. Resolusi FHD - 1080p saat ini sudah cukup, jika ingin 2K, atau 4K maka ini cocok bagi Anda yang bekerja di bidang grafis, desain, atau gaming industry. Memilih layar besar dan resolusi tinggi berarti akan mengorbankan umur baterai.

#5 Umur laptop 

Umur laptop sekarang memang terbilang makin awet tetapi jika terdapat uang lebih lebih baik beli generasi terbaru. Membeli i5 generasi 10 akan lebih baik dibanding i7 generasi 7. Jika uang tidak memadai maka belilah generasi sebelumnya tetapi baru. Umur laptop selayaknya masih sangat baik dalam kerangka 1.3 tahun. Tahun keempat dan kelima adalah tahun yang memang sulit dan siap-siap Anda menabung kembali. 

semoga makin produktif dan bersemangat 


Tidak ada komentar